Penyebab mobil sulit distarter adalah masalah umum yang sering terjadi, beberapa penyebab mobil distarter adalah sebagai berikut.

1. Aki Soak: Istilah “soak” dalam konteks aki mengacu pada kondisi di mana aki kehabisan daya atau kekuatannya akibat penggunaan yang terlalu lama, atau bisa juga karena adanya kebocoran arus (misalnya, karena kabel yang longgar atau korosi). Aki yang soak akan mengakibatkan aliran listrik yang tidak mencukupi untuk memulai mesin dengan baik.

2. Busi Kotor: Busi yang kotor atau aus dapat menghambat proses pembakaran dalam ruang bakar. Ini bisa mengakibatkan mesin sulit untuk dinyalakan, terutama dalam kondisi dingin atau saat mesin membutuhkan starter untuk dihidupkan.

3. Dinamo Amper Usang: Dinamo amper atau alternator yang sudah usang atau rusak dapat menyebabkan aki tidak terisi dengan baik selama mobil berjalan. Ini bisa membuat aki tidak memiliki daya yang cukup untuk memulai mesin dengan baik.

4. Masalah Fuel Pump: Pompa bahan bakar yang bermasalah bisa mengakibatkan tekanan bahan bakar yang tidak mencukupi atau bahkan tidak ada sama sekali, sehingga mesin tidak dapat dihidupkan atau tidak berjalan dengan baik.

5. Masalah pada Koil: Koil yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik bisa mengganggu sistem pengapian, yang pada gilirannya akan membuat mesin sulit untuk dinyalakan atau berjalan dengan baik.

Semua masalah ini dapat menyebabkan mobil sulit untuk distarter, terutama dalam kondisi tertentu seperti cuaca dingin atau setelah mobil berada dalam keadaan diam untuk waktu yang lama. Perbaikan yang tepat harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini agar mobil dapat beroperasi dengan normal dan aman. Selalu lakukan perawatan berkala ke bengkel resmi honda seperti Honda Anugerah Sejahtera.