Meski berasal dari seri yang sama, faktanya Brio Satya maupun Brio RS memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kali ini kamu akan diajak melihat perbedaan keduanya yang diproduksi tahun 2022 dengan fitur dan teknologi terbaru. Kalau begitu langsung saja cari tahu semua perbedaannya berikut ini.

1. Dimensi

Pada pandangan awal, kedua mobil tersebut tampak serupa. Namun, jika dilihat secara rinci, terdapat beberapa perbedaan dimensi antara keduanya. Brio Satya memiliki ukuran panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485
mm.
Sedangkan Brio RS memiliki panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm. Meskipun demikian, jarak sumbu roda keduanya tetap sama. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakarnya juga sama, yaitu 35 liter.

2. Desain Eksterior dan Interior

Salah satu perbedaan terbesar antara Honda Brio Satya dan RS ialah desain eksterior dan interiornya. Honda Brio RS memiliki desain yang lebih mewah dan sporty, sedangkan Honda Brio Satya memiliki desain yang lebih sederhana.Honda Brio RS dilengkapi grille depan hitam glossy dan lampu depan LED dengan desain yang lebih modern. Sementara itu, Honda Brio Satya memiliki grille depan dengan desain yang lebih sederhana dan lampu halogen.
Selain itu Honda Brio RS juga dilengkapi fog lamp, roof spoiler, dan side sill garnish yang tidak dimiliki oleh Honda Brio Satya. Kalau kamu melihat bagian dalamnya maka akan terasa jelas perbedaan dashboard Honda Brio RS yang lebih mewah menggunakan warna yang serasi dengan kursi. Honda Brio RS bahkan dilengkapi panel instrumen yang lebih modern dan kursi sporty yang nyaman.
Tak sampai disitu saja, Spion pada Brio RS sudah dilengkapi dengan sistem pelipat elektrik, sedangkan pada Brio Satya tidak. Apaila diperhatikan lebih teliti lagi, Brio RS juga mengadopsi model side skirt di bagian samping bodi mobil.

3. Fitur Keamanan

Perbedaan fitur keamanan antara Honda Brio Satya dan Honda Brio RS sebenarnya tidak terlalu signifikan. Kedua mobil ini sama-sama dilengkapi dual airbag, ABS (Anti-lock Braking System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sebagai fitur keamanan standar. Namun, Honda Brio RS memiliki tambahan fitur yaitu Hill Start Assist yang tidak dimiliki oleh Honda Brio Satya. Fitur Hill Start Assist pada Honda Brio RS berfungsi untuk mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan sehingga memudahkan pengemudi dalam memulai mobil kembali tanpa khawatir mobil akan mundur atau bergeser ke belakang. Fitur ini sangat membantu dalam situasi parkir di tanjakan atau saat berada di jalan dengan kondisi kemacetan.

4. Suspensi dan Handling

Meski tidak jauh berbeda, Honda Brio RS memiliki suspensi yang lebih baik dibandingkan dengan Honda Brio Satya. Brio RS dilengkapi suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang torsion beam yang membuat mobil lebih stabil dan nyaman saat berkendara. Selain itu Honda Brio RS juga dilengkapi fitur Vehicle Stability Assist (VSA) untuk meningkatkan kinerja handling mobil.

5. Sistem Audio

Perbedaan Honda Brio Satya dan Brio RS berikutnya adalah dari sistem audionya. Brio RS memiliki layar sentuh audio 6,2 inci yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Sistem ini mendukung USB port, radio, dan dapat terhubung dengan perangkat Iphone atau Ipad, serta dilengkapi dengan pemutar CD/DVD, Aux, Bluetooth, dan handsfree telephone. Selain itu, Brio RS juga dilengkapi dengan tweeter speaker yang akan membuat pengemudi dan penumpang dalam kabin merasa lebih terhibur ketika mendengarkan musik. Sedangkan untuk Brio Satya, sistem audio yang dipakai ialah 2DIN. Meskipun memiliki fitur yang sedikit berbeda dengan Brio RS, namun sistem ini tetap dapat memutar lagu melalui USB port, radio, pemutar CD, Aux, Bluetooth, dan handsfree telephone.

Jika anda berminat untuk membeli unit Honda Brio baik varian Satya maupun RS, anda bisa langsung datang ke dealer resmi honda Honda Anugerah Sejahtera atau hubungi contact whatsapp kami melalui link berikut CS Honda Anugerah Sejahtera.