Dalam usaha merawat sebuah kendaraan, bukan hanya sekadar rajin mengganti sparepart yang sudah rusak saja. Bisa juga dari sisi apa yang dibutuhkan dari sebuah kendaraan tersebut, hal ini penting agar semua komponen bisa bekerja dengan optimal. Salah satunya adalah dengan memberikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Rasanya sudah menjadi keharusan bagi pemilik kendaraan mengerti jenis BBM yang cocok untuk tunggangannya khususnya bensin. Tentu hal ini bertujuan untuk mendapatkan efisiensi proses pembakaran di mesin dan berujung pada performa yang baik. Untuk mendapatkan informasi BBM yang tepat untuk kendaraan, yang paling mudah adalah lewat buku manual atau melihat website resmi dari kendaraan tersebut.

Informasi yang harus diketahui adalah rasio kompresi mesin. Sejatinya nilai rasio kompresi mesin menjadi faktor penentu jenis BBM apa yang harus diberikan. Menjadi penting karena semakin tinggi rasio kompresi mesin, semakin tinggi pula RON BBM yang dibutuhkan. Seperti yang kita ketahui, RON (Research Octane Number) BBM yang umum ada di SPBU di Indonesia adalah RON 90, 92, 95 dan 98.

Kami akan memberikan panduan BBM jenis apa yang cocok kendaraan Anda berdasarkan rasio kompresi mesin, sebagai berikut:

RON 90

Bensin yang memiliki kadar oktan RON 90 biasa Anda temukan pada BBM jenis pertalite. BBM ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari.

RON 92

BBM ini memiliki kualitas lebih baik ketimbang RON 90. Populer dengan sebutan Pertamax. Penggunaan BBM RON 92 membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

RON 95

BBM ketiga dengan RON 95, kerap digunakan pada mobil mewah. Hal ini karena mesin mobil premium memiliki rasio kompresi lebih tinggi. Umumnya unit mobil banyak menggunakan kompresi 11:1 hingga 12:1. BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik serta dapat membuat pembakaran menjadi sempurna.

RON 98

Bahan bakar yang terakhir masuk dalam kelas terbaik. Pasalnya BBM ini telah dikembangkan dengan teknologi mutakhir serta memiliki oktan yang sangat tinggi yaitu RON 98.

Honda merekomendasikan pemakaian Bahan Bakar (BBM) minimal bernilai Oktan 92 untuk semua produknya. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menuturkan “rekomendasi dari pabrik untuk mobil zaman now mayoritas harus menggunakan BBM beroktan 92 seperti Pertamax dan Shell V-Power. Begitu pula dengan Honda juga merekomendasikan penggunaan BBM oktan 92 untuk semua produk terbarunya yang bermesin bensin”.

Sehingga direkomendasikan menggunaknan Bahan Bakar (BBM) yang lebih bersih, seperti Bahan Bakar dengan nilai Oktan 92 seperti Pertamax sebagai batas minimal untuk Bahan Bakar Mobil. Apabila kurang memahami kebutuhan BBM, pengendara dapat membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan, mengecek rekomendasi RON pada bagian tutup BBM mobil, maupun berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman ketika sedang melakukan service berkala di bengkel resmi honda. Jangan lupa untuk selalu melakukan service berkala di bengkel resmi Honda Anugerah Sejahtera.