Velg merupakan bagian mobil yang dapat menarik perhatian. Tak heran jika modifikasi pada velg sudah terlihat mengubah hampir separuh dari tampilan mobil tersebut.

Bagi yang hobi modifikasi dengan mengganti velg mobil, tentu paham bahwa velg mobil juga harus dirawat dengan baik.

Berikut tips-tips merawat velg agar awet dan menghindari kerusakan.

Hindari Jalanan yang Rusak

Kalau ingin velg lebih awet, sebisa mungkin hindari melewati jalanan yang rusak. Lebih baik melewati jalanan yang mulus meski agak jauh.

Jalanan yang rusak dan berlubang akan lebih cepat membuat velg lebih mudah rusak.

Tidak Membawa Beban Berlebih

Setiap mobil sudah didesain dengan jumlah kapasitas yang bisa ditampung. Hal ini bukan tanpa sebab, karena daya tahan mobil sudah diperkirakan hanya bisa menampung atau membawa beban tidak lebih dari angka yang sudah ditetapkan.

Bila membawa barang muatan terlalu berat atau penumpang terlalu banyak, hal ini tidak hanya merusak shockbreaker mobil, tapi juga velg mobil yang harus menahan dan menopang beban selama perjalanan.

Perhatikan Tekanan Angin Ban Mobil

Ban mobil yang kempes juga dapat mempercepat kerusakan velg mobil karena tekanan angin yang ada di dalam ban mobil berkurang, sehingga berdampak pada kecepatan dan keseimbangan berkendara.

Bila secara terus-menerus melewati polisi tidur atau jalanan berlubang, ban mobil yang kempes akan terasa lebih berat dan mengalami benturan yang keras akibat kurangnya tekanan angin pada ban mobil.

Hal ini tentu akan membuat kerusakan pada bagian velg dan shockbreaker mobil.

Pilih Velg Mobil yang Sesuai dengan Jenis Ban

Saat melakukan modifikasi velg mobil, Anda harus memperhatikan dengan benar apakah velg mobil yang dibeli sesuai dengan jenis ban atau tidak.

Jika memilih jenis velg yang tidak sesuai dengan ban mobil, hal ini justru berbahaya karena selain bisa merusak velg mobil, tapi juga bisa membahayakan Anda saat berkendara.

Perlu diketahui bahwa setiap velg mobil sudah memiliki standard ukuran tertentu yang hanya bisa digunakan pada jenis ban tertentu juga.

Lakukan Perawatan Secara Berkala

Pengecekan di bengkel resmi secara berkala dilakukan untuk memastikan semua komponen dari mobil termasuk velg bisa tidak ada kendala. Kalau pengecekan berkala tidak dilakukan, Anda tidak akan sadar jika ada beberapa bagian yang sudah saatnya ganti atau mengalami kerusakan.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi honda. Anda bisa membawanya ke bengkel Honda Anugerah Sejahtera Yogyakarta, atau menggunakan layanan booking bengkel secara online Honda e-care agar bisa service tanpa harus antre.