Begini Tips dan Cara Aman Lewati Banjir Pakai Mobil

Bagaimana tips dan cara aman lewati banjir pakai mobil? Supaya tidak salah langkah, Honda Lovers bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Berkendara saat banjir melanda memang serba merepotkan. Selain tidak bisa melaju dengan leluasa, genangan air yang tinggi juga berpotensi merusak mesin kendaraan.

Lalu bagaimana cara aman melewati banjir menggunakan mobil? Honda Lovers tidak perlu khawatir. Kali ini kami akan menyajikan beberapa tips dan cara aman lewati banjir pakai mobil.

cara aman lewati banjir pakai mobil

Perhatikan Ketinggian Air

Semakin tinggi genangan air, artinya semakin besar pula risiko merusak. Intinya, banjir yang hendak dilalui tidak mendekati atau bahkan lebih tinggi dari lubang masuk udara kendaraan Honda Lovers. Bersabarlah dahulu dan perhatikan mobil lain yang menerjang banjir, lebih baik lagi kalau ada mobil serupa sehingga bisa dijadikan referensi.

Tentukan rute dan jalur Honda Lovers di banjir, pilihlah genangan yang paling rendah serta bebas dari hambatan seperti polisi tidur, jalan rusak atau lainnya. Karena saat menerjang banjir, konstannya kecepatan mobil memegang peranan penting dalam meminimalkan risiko.

Matikan Mesin Segera Jika Darurat

Terkadang kita bisa salah perhitungan dan justru masuk ke banjir yang lebih dalam di tengah-tengah. Ketika ini terjadi, jangan panik. Lihat dan rasakan apakah mobil masih mungkin menembus di kedalaman ini atau mobil mulai bergeser akibat mengapung.

Tapi bila ketinggian air sudah melampaui saluran masuk udara ke mesin atau bahkan kap mesin, langsung matikan mesin Honda Lovers segera. Begitu pula ketika terasa ada tanda-tanda mesin kemasukan air dan sudah mbrebet hendak mati. Dengan mematikan mesin lebih awal, Honda Lovers akan menghilangkan risiko terjadinya water hammer.

Mobil bisa jadi terendam interiornya. Tapi biaya perbaikannya relatif lebih murah ketimbang mesin mati akibat water hammer yang pada ujungnya menyebabkan mobil terendam juga.

Selalu Jaga Jarak

Karena kecepatan konstan sangat penting, pastikan mobil di depan memiliki jarak cukup jauh. Bila masih dekat, tunggu saja sebelum Honda Lovers melaju. Jalankan mobil Honda Lovers setelah cukup yakin mobil di depan tak akan menghalangi laju mobil Honda Lovers.

Ikuti Gelombang

Saat melintasi banjir, bagian depan mobil menabrak air dan menciptakan gelombang. Gelombang ini akan bergerak maju searah serta dengan kecepatan tertentu dan meninggalkan celah air lebih dangkal di belakangnya.

Honda Lovers tak perlu mendahului rambatan gelombang itu, justru sangat baik untuk mengikutinya dari belakang. Jaga momentum mobil supaya kecepatan mobil dengan gelombang sama. Dengan begitu Honda Lovers seakan melintasi banjir yang lebih dangkal.

Jangan Setengah Kopling

Sebisa mungkin lepaskan injakan kopling ketika melewati banjir. Biarkan plat kopling saling menempel erat dan melajukan mobil secara konstan. Terlalu sering menggunakan setengah kopling hanya memperbesar kemungkinan kopling terbakar dan menaikkan putaran mesin. Kedua hal itu akan sangat merugikan di tengah banjir.

Oke Honda Lovers, itu tadi beberapa tips dan cara aman lewati banjir dengan mobil. Jika tidak hati-hati, dikhawatirkan mobil Honda Lovers akan tergenang air dan mengalami kerusakan.

Tapi tidak perlu khawatir, jika mobil Honda Lovers bermasalah, Honda Lovers bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda untuk mendapatkan penanganan yang pas.

Untuk Honda Lovers yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, Honda Lovers bisa datang langsung ke bengkel resmi Honda yang ada di PT. Anugerah Sejahtera Putera (Honda Anugerah Sejahtera) di Jl. Magelang KM 7.5 Sendangdadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *