Kenapa Harus Servis di Bengkel Resmi?

Servis di bengkel resmi sering jadi pertimbangan unuk merawat kendaraan. Namun perlu diperhatikan juga, merawat mobil bukan sekedar rutin di cuci bersih, tetapi lakukan pula servis secara berkala. Ini untuk menjaga kondisi mobil tetap prima dan siap digunakan kapan saja kemana saja.

Sering kali banyak orang bingung mau servis di bengkel resmi atau bengkel biasa. Mengingat kedua tempat ini punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Satu diantaranya perihal harga atau biaya servis. Kerap kali servis di bengkel resmi mahal jadi keluhan mengapa pemilik mobil memutuskan melakukan perawatan di bengkel biasa atau bengkel umum.

Nah kali ini kita akan jabarkan apa sih alasan Anda sebaiknya lakukan servis berkala di bengkel resmi. Harganya memang lebih mahal ketimbang di bengkel umum atau lewat montir panggilan, tapi ada 7 keuntungan yang bisa Anda dapatkan nih Honda Lovers

1. Peralatan Lengkap dan Teknisi Terlatih

Di bengkel resmi tentu saja sudah disediakan peralatan yang lengkap sesuai kebutuhan mobil dari merk tersebut. Bahkan bengkel resmi juga punya sistem scan dan komputer yang dapat mendeteksi kerusakan kendaraan tersebut. Sehingga tidak akan terjadi salah diagnosis kerusakan komponen.

Selain itu, umumnya bengkel resmi juga memiliki tenaga mekanik yang terlatih untuk menangani semua produk dari merk tersebut secara spesifik. Misalnya di bengkel resmi Suzuki, maka tim teknisinya sudah dilatih secara khusus untuk menguasai produk kendaraan serta seluruh komponen pada produk Suzuki. Kemudian tentu saja tim ini juga diketuai kepala bengkel yang sudah berpengalaman dalam menangani setiap keluhan mobil-mobil dari merk yang bersangkutan selama bertahun-tahun.

2. Menggunakan Suku Cadang Asli

Keuntungan servis di bengkel resmi juga dinilai dari penggunaan suku cadang. Keaslian suku cadang atau aksesori lain yang digunakan di bengkel resmi tentu sudah terjamin. Kemudian suku cadang yang digunakan pastinya dijamin kompatibel dengan komponen lainnya di kendaraan. Dengan pemakaian suku cadang asli maka masa pakai suku cadang itu bisa lebih lama dan ini akan menghemat biaya perawatan kendaraan Anda secara menyeluruh.

3. Ada Garansinya

Melakukan perawatan mobil di bengkel resmi pastinya akan mendapatkan garansi dari pihak bengkel. Jika dalam masa garansi masih dirasa ada yang kurang beres, Anda bisa datang kembali ke bengkel tersebut untuk proses klaim.

4. Catatan Riwayat Servis Bikin Harga Jual Tetap Tinggi

Perawatan berkala kendaraan di bengkel resmi tentu tercatat seluruh riwayatnya. Baik pengecekan, perbaikan, maupun penggantian komponen atau suku cadang. Adanya bukti riwayat service akan mempermudah pemilik kendaraan dalam menentukan perawatan berikutnya serta membantu mempertahankan nilai jual kendaraan kembali tetap tinggi.

5. Biaya Servis di Bengkel Resmi Jelas

Sebelum servis mobil di bengkel resmi, biasanya pihak dealer akan memberikan rincian biaya untuk pekerjaan yang akan dilakukan, termasuk jika ada penggantian suku cadang. Ini berguna agar pemilik kendaraan bisa melakukan estimasi dana yang dibutuhkan saat melakukan perbaikan mobilnya. Sehingga tak mungkin ada kemungkinan ongkos servis melambung dari perkiraan sebelumnya.

6. Ada Customer Service

Ketersediaan pelayanan konsumen (customer service) di bengkel resmi tentu akan memudahkan dalam menanggapi keluhan, saran, compliment, maupun pertanyaan dari pemilik mobil. Bisa tentang pelayanan di bengkel hingga maslaah pada kendaraan milik konsumen. Selain itu, bengkel resmi juga sering kali menyediakan layanan pengingat atau reminder, agar pemilik kendaraan diingatkan untuk melakukan perawatan berkala berikutnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Bisa Manfaatkan Promo Paket Servis

Di bengkel resmi juga sering kali menawarkan paker servis berkala. Baik yang di bundling dengan pembelian atau di momen-momen tertentu.

Contohnya pelanggan yang membeli produk Suzuki akan mendapatkan program servis gratis sudah termasuk biaya jasa dan suku cadang hingga 50.000 km atau 3 tahun (mana yang tercapai lebih dulu).

Kemudian bukan tidak mungkin ada juga bengkel resmi lain yang menawarkan promo servis hemat dalam momen-momen tertentu. Misalnya paket servis selama bulan Agustus dalam rangka HUT Republik Indonesia, atau paket servis menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Dengan beragam layanan dan kemudahan, kami berharap konsumen tetap melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima,” tutup Hariadi.

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *