5 Pantangan yang Nggak Boleh Dilanggar Saat Pakai Mobil Matic

Apa saja pantangan yang tidak boleh dilanggar saat menggunakan mobil matic? Temukan jawaban lengkapnya dalam ulasan kami berikut.

Sudah bukan rahasia lagi jika mobil matic menawarkan kepraktisan dan juga kemudahan dalam berkendara. Inilah yang membuat mobil matic menjadi incaran banyak kaum hawa.

Tapi Honda Lovers sudah paham belum? Sebenarnya ada beberapa pantangan alias hal haram yang nggak boleh dilakukan ketika menggunakan mobil matic lho.

Untuk menjawab rasa penasaran Honda Lovers, kali ini kami akan membocorkan apa saja larangan yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan mobil matic. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pantangan Saat Menggunakan Mobil Matic

Jangan Pindahkan Transmisi ke Posisi Netral di Jalan Menurun

Kalau Honda Lovers berpikir saat melintasi turunan tanpa memasukkan gigi akan lebih hemat bahan bakar. Padahal cara ini salah, dan jika tuas transmisi sering diposisikan netral, maka bisa menyebabkan sistem transmisi jebol.

Soalnya pada mobil zaman sekarang, jika pengendara tetap memasukkan gigi di jalanan menurun, mesin mobil akan menyesuaikan agar tak mengkonsumsi bahan bakar. Ketika gigi masuk, fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin. Dengan begitu tak ada bahan bakar yang digunakan.

Jangan Langsung Menggeber Mesin

Biasanya sebagian pemiliki mobil matic punya kebiasaan menggeber mobil sebelum dikendarai. Caranya, ia akan memosisikan gigi di netral lalu langsung menginjak pedal gas cukup dalam dan langsung memindahkan gigi transmisi ke posisi ‘drive’. Hal ini sangat tidak disarankan karena berisiko merusak komponen transmisi dan juga clutch pada kendaraan.

Jangan Pindahkan Gigi di Posisi ‘P’ Saat Mobil Belum Berhenti 100%

Ketika Honda Lovers hendak memarkir mobil mobil, pastikan mobil sudah berhenti sepenuhnya, sebelum memindahkan transmisi ke posisi ‘P’. Memindahkan tuas transmisi saat mobil belum berhenti, berisiko merusak transmisi dan memperpendek umur transmisi. Terlebih tuas P untuk parkir bukan untuk mengerem kendaraan.

Jangan Pindah Tuas ke Gigi Mundur Saat Kendaraan Belum Berhenti 100%

Sebelum Honda Lovers mengganti posisi gigi, dari posisi D (drive) ke posisi gigi R (reverse) atau sebaliknya, pastikan mobil sudah dalam kondisi diam ya.

Itu artinya, Honda Lovers menggunakan rem untuk berhenti, bukan berhenti karena adanya perubahan transmisi. Ingat ya, transmisi cuma dirancang untuk mengganti gigi sementara. Sedangkan untuk membuat mobil berhenti, tetap disarankan untuk selalu menggunakan rem.

Jangan Masukkan Gigi dan Injak Rem di Lampu Merah

Kalau Honda Lovers masih suka masukkin gigi dan menginjak rem pas mobil berhenti dalam waktu lama, seperti saat macet atau di lampu merah, mulai sekarang kebiasaan seperti itu dihilangkan ya. Lebih baik Honda Lovers pindahkan tuas transmisi itu dari D (drive) ke posisi netral. Kebiasaan menginjak rem dalam kondisi tuas gigi masih berada di posisi D, akan membuat umur transmisi lebih pendek daripada seharusnya. Sebab ketika itu dilakukan, mesin masih terus bekerja, sementara roda tidak berputar.

Itu tadi beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan mobil matic. Sebenarnya menggunakan mobil matic mudah banget kok, asal sudah tahu tekniknya. Jadi Honda Lovers nggak perlu takut jika ingin membeli mobil matic ya.

Buat Honda Lovers yang mau membeli mobil matic baik yang masih baru atau bekas, Honda Lovers bisa kunjungi showroom kami di PT. Anugerah Sejahtera Putera (Honda Anugerah Sejahtera) di Jl. Magelang KM 7.5 Sendangdadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Kepoin juga akun Instagram @hondaanugerahsejahteraofficial untuk mendapatkan informasi, update terbaru, serta berbagai penawaran menarik dari kami!

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *